Komponen dan Cara Kerja Gardan Mobil

Komponen dan Cara Kerja Gardan Mobil...
Komponen Gardan Mobil - Gardan Mobil, apakah pernah mendengar kata tersebut? mungkin kata gardan mobil sudah tidak asing di telinga anda, dan sering terdengar, bahkan nama gardan mobil sering dan familyar ditelinga pemilik mobil dan bengkel mobil maupun toko penjual sparepart mobil. Mobil dapat melaju, salahsatunya adalah dengan adanya gardan pada kendaraan tersebut, lalu apa yang disebut dengan gardan? dan sseperti apa cara kerja gardan?.

Gardan atau differential adalah sebuah komponen pada bagian mobil yang berfungsi untuk meneruskan tenaga mesin ke poros roda, dan pada kesempatan kali ini kami akan coba berbagi sedikit pengetahuan tentang gardan atau differential , pungsi gardan merupakan salah satu komonen yang amat penting bagi kendaraan yang menggunakan roda belakang, salah satu contoh adalah mobil. Sebelum ke pembahasan utama, kita saling mengingatkan kembali bahwa proses berputarnya roda kendaraan mobil berawal dari  proses pembakaran yang terjadi pada ruang bakar, dari proses pembakaran inilah nantinya yang menggerakan piston dengan posisi naik dan turun.

Gerakan pada piston (naik turunnya piston)  akan diteruskan untuk memutar poros engkol , gerak putar poros engkol ini akan diteruskan untuk memutar roda gila atau dikenal dengan flywheel, dari  putaran roda gila akan diteruskan untuk memutar kopling kemudian diteruskan memutar transmisi ke as kopel lalu ke gardan, gardan akan meneruskan putaran ini ke as roda dan selanjutnya as roda akan memutar roda, sehingga kendaraan dapat berjalan melaju. Urutan perpindahan tenaga dari putaran berawal dari mesin hingga akhirnya bisa sampai ke roda , hal inilah yang mengakibatkan kendaraan mobil bisa melaju.

Komponen Utama Gardan.


komponen   komponen utama pada gardan adalah:
  1. Differential gear yang terdiri atas pinion gear , side gear dan differential carrier.
  2. Final gear yang terdiri atas ring gear dan drive pinion .
fungsi drive pinion pada gardan jenis jenis gardan komponen utama gardan cara kerja gardan saat berbelok makalah gardan gambar komponen differential macam macam gardan gambar komponen komponen gardan

Dari komponen komponen gardan diatas, tentu kita bertanya tentang pungsi dari gardan, adapun pungsi dari gardan atau differential adalah sebagai berikut:



1. Memperbesar momen.
Tenaga atau power  putaran dari sebuah benda yang berputar, putaran poros engkol mempunyai tenaga atau power  atau momen . Tenaga atau power  dari suatu benda yang berputar dengan cepat adalah kecil , sedangkan tenaga atau power  dari benda yang berputar lambat adalah besar. Seperti kita ketahui bahwa selambat – lambatnya mesin berputar mempunyai  kecepatan minimal 600 rpm. Maksudnya adalah dalam 1 menit poros engkol berputar 600 kali. Sedangkan pada kecepatan tinggii mempunyai  kecepatan sampai  12.000 rpm , berarti poros engkol berputar 12.000 kali dalam 1 menit. Agar tenaga atau power  dari poros engkol ini menjadi besar , maka kecepatan putaran dari poros engkol ini harus diperlambat. Di sinilah gardan memperlambat kecepatan putaran dari poros engkol tersebut, sesampainya  tenaga atau power  putar atau momen menjadi besar dan mobil dapat bergerak atau berjalan.

2. Merubah arah putaran mesin.
Keadaan  mesin pada mobil  truck atau khusunya mobil yang menggunakan as kopel, mempunyai  Keadaan  mesin yang memanjang ke depan . Sesampai  arah putaran dari roda gila jelas tidak searah dengan arah putaran roda. Maka gardan inilah yang membuat arah dari putaran mesin menjadi searah dengan arah putaran roda.

3. Membedakan putaran roda kiri dan kanan saat membelok .
Pada saat mobil berbelok , putaran roda pada bagian  dalam cenderung lebih lambat daripada putaran roda pada bagian  luar. Hal ini dimaksudkan agar mobil dapat berbelok dengan baik dan tidak slip. Jika ke2 roda antara yang kiri dan kanan selalu sama, maka mobil tidak  akan membelok. Di sinilah gardan membuat putaran roda kiri dan kanan tidak sama , sesampai  mobil dapat membelok dengan baik. 


Dari pemaparan diatas dapat disimpulkan bahwa gardan merupakan komponen yang sangat penting dalam kendaraan karena suatu putaran roda berawal dari putaran mesin yang diteruskan ke tranmisi dan di sampaikan lagi kegardan barulah roda tersebut bisa berputar, dan kendaraan bisa berjalan dan melaju,
fungsi drive pinion pada gardan jenis jenis gardan komponen utama gardan cara kerja gardan saat berbelok makalah gardan gambar komponen differential macam macam gardan gambar komponen komponen gardan

fungsi drive pinion pada gardan jenis jenis gardan komponen utama gardan cara kerja gardan saat berbelok makalah gardan gambar komponen differential macam macam gardan gambar komponen komponen gardan


Baca Juga:



Demikian informasi sederhana yang dapat kami sampaikan terkait komponen dan cara kerja gardan kendaraan roda empat, semoga bermanfaat.
Komponen dan Cara Kerja Gardan Mobil Rating: 4.5 Diposkan Oleh: CAHAYA SAN