Cara Mengatasi Tangki Motor Honda Tiger Agar Awet Tidak Mudah Bocor

Cara Mengatasi Tangki Motor Honda Tiger Agar Awet Tidak Mudah Bocor...
Cara mencegah bocor pada tengki tiger - Sahabat bengkel tronik terimakasih telah meluangkan waktu untuk membaca artikel yang di tulis oleh blogger pemula ini, sangat senang rasanya ada yang sudi mengunjungi bahkan membaca tulisan tak seberapa ini, pemaparan kali ini terkait masalah kebocoran pada tangki tiger tentang cara mengatasi dan merawat tengki agar terhindar dari kebocoran, lebih baik menjaga dari pada mengobati,,, ups memperbaiki maksudnye om maaf salah ketik.
Oh iya artikel ini di tulis berdasarkan pengalaman dari si macan hitam milik saya alias tiger tahun keluaran 2003, motor keluaran honda berkapasitas silinder isi 200 cc yang konon kelemahannya terletak pada tangki nya yang mudah sekali bocor, hal ini di akibatkan karena bahan yang tipis dan sampai sekarang si macan keluaran terbaru pun penyakit tengkinya masih sering kumat, pernyataan tersebut memang benar, terbukti dari motor si kukut tiger ane yang tangkinya sudah bolong bolong, bukan bocor kecil rembes tapi sudah bolong bolong dan jika di isi bensin ke tangki langsung habis karena keluar lagi lewat samping tangki yang bolongnya hampir sebesar ibu jari, bahkan bukan hanya satu bolong tapi sekeliling bagian tangki bawah dan samping bolong bolong parah bingiy pokoke, awalnya sih bolong kecil terus saya lem pake plastik stiil dan muncul lagi di sampingnya tambal lagi dan lagi sampai tangki bagian bawah penuh dengan plastikstil tambalan tengki bocor.
Kebayang gimana keselnya tiap motor mau di pakai ada saja bensin yang keluar dari lubang yang bocor sampai sampai di jok mktor selalu sedia plastikstil dan sabun mandi untuk jaga jaga kebocoran di jalan, sungguh merepotkan bos. Menambal tangki tiger atau tangki apapun penampung bahan bakar menggunakan plastiksteel memang epektif tapi ingat itu hanya bersipat sementara saja, dan keamanannya serta satu satunya cara adalah di tambal menggunakan las listrik maupun karbit, sedangkan hal itu harus dilakukan dan memakan waktu yang lama mulai dari pengelasan sampai ke pengecatan tangki, ya aman di las jika motor anda tidak di pakai, jadi bisa di suruh nginep di om las tangkinya untuk di operasi, tapi kalo motirnya di pake tiap hari kapan waktunya nginepin motor di om las, paling cara nya anda ikutin pengalaman saya ya bawa plastikstil kemana mana dan sabun mandi, jadi jika ada bau bau bensin bocor maka langsung digap cari sumbernya dan tempeli plastikstil atau sabun mandi.
Oke karena kelamaan berbasa basi langsung saja ke intinya, tapi satu lagi yang membuat saya pegang jidat terus, ko honda sampai sekarang masih tidak melakukan perubahan atau memperbaiki tangkinya supaya tidak mudah bocor, terbukti dari motor honda tiger mulai keluaran pertama sampai terbaru tangkinya sama sama mudah bocor. Haduh. Tapi itu tergantung perawatan sih meskipun plat tipis dari tangki tiger jika perawatan dilakukan dengan baik maka tangki tiger akan awet dan tidak mudah bocor.

Cara merawat tangki motor tiger agar awet dan tidak mudah bocor adalah sebagai berikut:

Pertama selalu isi bahan bakar dengan penuh, artinya isi tangki tiger anda dengan full tank adar di dalam tangki selalu basah dan ahirnya terhindar dari karat, karena karat akan berakibat tangki menjadi rapuh dan akhirnya berlubang dan bocor. Selain itu mengisi bbm dan menjaganya selalu penuh akan menghindari penguapan dan menghasilkan embun di dalam tangki yang lama kelamaan membuat tangki mudah bocor.

Kedua selalu periksa bagian bawah tangki, jika memungkinkan sebisa mungkin lumasi bagian bawah tangki menggunakan oli atau stempet agar tetap basah dan menjaga cat tetap baik, gunanya jika kering kepanasan tengki akan mudah rusak jika terkena air apalagi jika kondisi cat sudah jelek, jadi oli brpungsi menahan air langsung terkena pada bagian tangki.

Selalu pastikan dan periksa bagian tangki secara berkala, jika ada tanda tanda bbm dari tangki bocor atau rembes segera lakukan perbaikan dengan cara di las, jika belum sempat membawa ke bengkel las karena moyor selalu sibuk maka lakukan perbaikan sementara dengan menambalnya menggunakan lem dan sebagainya, pengalaman saya melakukan cara ini ialah menggunakan lem korea atau articho yang dicampur pecin sasa atau sekar abu roko, hasilnya kuat dan keras kemudian finishing menggunakan poles menggunakan dempul atau plastikstiil.

Hasilnya jos mantap dan ampuh, tapi ingat ini hanya betsipat sementara saja, jika sudah ada waktu senggang segera bawa harimau anda ke bengkel las dan perbaiki kebocorannya.

Mungkin hanya itu saja tips sederhana yang dapat kami sajikan pada kesempatan kali ini, semoga bermanfaat.
Cara Mengatasi Tangki Motor Honda Tiger Agar Awet Tidak Mudah Bocor Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Siti Fauziah