Cara Kerja Beserta Komponen Komponen Sistem Pembuangan Kendaraan Roda Empat

Cara Kerja Beserta Komponen Komponen Sistem Pembuangan Kendaraan Roda Empat...
Cara Kerja Sistem Pembuangan - Sistem pembuangan yang akan di bahas kali ini adalah tentang sistem pembuangan roda empat, hususnya tentang cara kerjanya, cara kerja istem pembuangan roda empat sangat sederhana bagi yang sudah mengetahuinya, namun sangat ribet bagi yang pertama kali mengenalnya, sistem pembuangan memiliki fungsi sangat penting dan diperlukan oleh setiap kendaraan, sistem pembuangan merupakan alat pembuangan hasil dari saluran untuk membuang sisa sisa hasil pembakaran pada mesin pembakaran dalam.

Pada penerapan sebuah desain saluran pembuangan harus betul betul dirancang secara husus untuk menyalurkan gas hasil dari pembakaran mesin ketempat yang sangat aman bagi pengguna mesin bersangkutan, karena gas hasil pembakaran umumnya sangat panas, oleh karena itu saluran pembuangan harus tahan panas dan harus pula dengan cepat melepaskan panas demi kemanan pengguna mesin dan orang yang dekat dengan mesin. 

Pada dasarnya, sistem pembuangan terdiri dari beberapa komponen yang memiliki hubungan dan fungsi berkaitan antara satu komponen dengan komponen lainnya, sehingga membentuk satu sistem kerja yang sesuai dengan fungsi yang di butuhkan, salah satu komponen yang saling berhubungan seperti  pipa pembuangan yang biasa di sebut dengan knalpot / mapler. Nama sebutan knalpot mungkin sering kita dengar dan tidak asing di telinga kita, bahkan jika kita menyebut nama sebenarnya pada mekanik atau bengkel serta toko penjual sparepart kendaraan baik mobil maupun motor dengan menanyakan mapler, maka jarang dari mereka yang mengerti maksud kita, padahal nama sebenarnya dari knalpot adalah mapler, hal ini disebabkan oleh nama knalpot lebih trend dibandingkan mapler.

Untuk lebih mengenal sistem pembuangan pada komponen komponen sistem pembuangan motor roda empat, berikut kami sajikan beberapa komponen sistem pembuangan mesin roda empat yang biasanya terdiri dari Kepala silinder, Exhaust manifold atau exhaust header, Catalytic converter, Knalpot, Peredam suara atau  muffler, untuk lebih jelasnya lihat uraian di bawah..

komponen sistem gas buang pada sepeda motor fungsi sistem pembuangan komponen knalpot mobil komponen knalpot motor komponen gas buang komponen knalpot sepeda motor bagian knalpot motor dan fungsinya bahan penyusun exhaust manifold

Komponen komponen sistem pembuangan pada motor kendaraan roda empat:

1. Exhaust Manifold
Komponen yang satu ini merupakan pipa yang terbuat dari bahan khusus yang tahan pada suhu  dengan tekanan sangat tinggi. pipa ini berhubungan langsung dengan kepala silinder saluran exhaust ,sangat berbahaya jika kita bersentuhan langsung dengan pipa ini dalam keadaan panas.

2. Kepala silinder.
Komponen yang satu  ini merupakan komponen yang berhubungan langsung dengan pipa pembuangan paling awal. hal ini berbeda konstruksi apabila kita berbicara pada mesin dua langkah,  dimana saluran pembuangannya ditempatkan pada bagian bawah dinding silender. hal ini mungkin agak sedikit membingungkan bagi para pemula yang melihat rangkaian dan mencoba membukanya.

3. Catalytic converter.
Komponen yang satu ini merupakan komponen yang sangat penting , dikatakan sangat penting karena dengan banyak nya kendaraan yang ada di muka bumi ini lah yang menghasilkan HC, NOx dan CO yang sangat berbahaya untuk kesehatan manusia, komponen inilah yang menurunkan konsentrasi tingkatan berbahaya dari udara hasil pembakaran yang terjadi pada sistem kendaraan. bahasa ilmiahnya untuk menurunkan kadar gas beracun, CO, HC dan NOx Knalpot.

4. Knalpot.
Knalpot atau bahasa aslinya mapler adalah pipa untuk mengalirkan gas hasil pembakaran dari dalam measin dibuang keluar.

5. Peredam suara.
Peredam suara disebut juga dengan muffler, komponen yang satu ini sangat penting untuk kenyamanan anda dan dan orang orang disekeliling kendaraan kita berada, peredam suara ini mamapu meredam suara yang keluar dari suara asli dengan bunyi yang dihasilkan sangat enak digunakan, pada sepeda motor, peredam bunyi suara terdapat dan di simpan di dalam knalpot sedangkan pada mobil umumnya terlihat dengan jelas berupa tabung sebelum ujung pipa pembuangan mesin.
komponen sistem gas buang pada sepeda motor fungsi sistem pembuangan komponen knalpot mobil komponen knalpot motor komponen gas buang komponen knalpot sepeda motor bagian knalpot motor dan fungsinya bahan penyusun exhaust manifold

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan terkait cara kerja dan komponen komponen sistem pembuangan kendaraan roda empat, semoga pembahasan sederhana ini dapat bermanfaat dan bahasanya dapat dimengerti. Amin.
Cara Kerja Beserta Komponen Komponen Sistem Pembuangan Kendaraan Roda Empat Rating: 4.5 Diposkan Oleh: CAHAYA SAN