Kelebihan Kekurangan Pada Sistem Pengerak Roda Depan dan Belakang

Kelebihan Kekurangan Pada Sistem Pengerak Roda Depan dan Belakang...
Sistem Penggerak Roda Mobil - Pada dasarnya, penggunaan sistem penggerak roda pada kendaraan mobil diterapkan berdasarkan penggunaan dan fungsi diciptakan jenis kendaraannya, sepertiyang diterapkan untuk mobil angkutan pada umumnya menggunakan penggerak roda belakang, hal ini seperti yang diterapkan pada mobil truck, minibus. Seadangkan pada kebanyakan mobil yang dihususkan untuk keluarga ini menggunakan ,sistem penggerak roda depan, seperti yang diterapkan pada mobil sedan atau beberapa SUV . Selain iti, untuk mobil dengan empat penggerak roda, biasanya diterapkan pada desain mobil dengan keperluan husus, seperti mobil offroad jip dan mobil militer.

Jadi dapat disimpulkan bahwa pada kendaraan roda empat atau mobil, terdapat 3 cara kerja penggerak roda kendaraan mobil seperti  penggerak roda depan atau Front Wheel Drive, penggerak roda belakang atau Rear Wheel Drive dan penggerak empat roda atau Four Wheel Drive (4WD). Pada setiap jenis penggerak yang diterapkan tentunya memiliki beberapa kelebihan dan kekurangan masing masing, namun sebenarnya semua penggerak yang digunakan tergantung pada keperluan penggunaan mobil, salah satu contoh adalah pada mobil sedan yang sangat cocok digunakan pada jalan raya yang medannya bagus, namun tidak akan nyaman jika digunakan pada medan offroad,yang berbeda dengan mobil jip yang sebaliknya, yakni sangat nyaman digunakan pada medan offroad dan tidak akan lebih nyaman jika digunakan pada jalan raya.

Dari pemaparan diatas,  bagi yang akan memilih kendaraan roda empat mobil, sebaiknya perhitungkan pemilihan kendaraan berdasarkan kebutuhan, dan cara kerja sistem penggerak kendaraan tersebut. Bagi anda yang sedang mencari kendaraan dan ingin mengetahui lebih detail tentang kelebihan dan kekurangan sistem penggerak kendaraan mobil, berikut kami sajikan  tentang kelebihan dan kekurangan mobil penggerak roda depan dan mobil penggerak roda belakang.

merk mobil penggerak roda depan penggerak roda depan di tanjakan contoh mobil penggerak roda depan mpv penggerak roda belakang city car penggerak roda belakang kelemahan penggerak roda depan ertiga mobil apa saja yang menggunakan penggerak roda depan mobil mpv penggerak roda belakang

Kelebihan mobil dengan penggerak roda depan
  1. Ruangan mobil bisa lebih simple, karena body mobil bisa diperpendek (ground clearance), dengan body yang rendah maka akan semakin membuat mobil lincah dan penumpang bisa berkendara dengan lebih nyaman.
  2. Lebih nyaman ditumpangi, karena pengendara dan penumpang tidak terganggu dengan getaran dan suara bersisik yang dihasilkan dari  propeler shaft dan diferential. 
  3. Penyampaian tenaga lebih efisien, sehingga menghasilkan laju mobil lebih gesit dan responsif, hal ini dikarenakan posisi as roda langsung terhubung dengan transmisi tanpa harus melalui propeler dan diferential, selain itu, traksi lebih besar karena beban mesin langsung terhadap roda depan. 
  4. Lebih irit, karena mesin tidak akan  kehilangan banyak tenaga power sebelum sampai kepada roda, hal ini dikarenakan tenaga langsung disalurkan oleh gearbox menggunakan drive saft yang lebih pendek. 
  5. Pada saat melewati jalan menanjak, akan dengan mudah dan ringan karena merupakan tarikan bukan dorongan.
Kekurangan mobil dengan penggerak roda depan
  1. Rawan selip pada mobil dengan tikungan, karena ban depan menerima beban yang lebih besar pada saat melakukan pengereman. 
  2. Parkir lebih sulit, terutama pada saat parkir pararel di medan yang sempit. Karena radius belok ban lebih terbatas akibat drive saft.
  3. Tataletak mesin lebih rumit dan memakan ruang, sehigga melahirkan biaya perawatan yang lebih mahal.
  4. Sistem kemudi dan sistem dari mesin dan penggerak menjadi satu pada roda depan. Hal ini menyebabkan rangkaian suspensi pada bagian depan lebih rumit.Akibatnya, kerja komponen suspensi dan kemudi bekerja lebih berat, sehingga lebih cepat mengalami keausan. 
  5. Harus lebih hati hati jika melewati jalan berlubang, karena jika sampai menabrak lubang dengan keras, maka Tie-rod end, ball joint dan bearing roda lebih rentan.
  6. Roda depan lebih cepat aus, karena roda depan menjadi berfungsi ganda, yaitu sebagai penggerak dan pengendali mobil.
Kelebihan mobil dengan penggerak roda belakang
  1. Lebih mudah saat mobil diparkir, karena derajat putar roda tidak dibatasi oleh drive saft. 
  2. Sistem mekanisasi, kemudi dan sistem suspensi depan lebih awet, karena kegunaan roda depan hanya untuk mengatur arah saja bukan penggerak. 
  3. Ruangan bagi mesin akan lebih longgar , karena mesin terpasang searah dengan body mobil. Sehingga lebih mudah dalam merawatnya.
  4. Tenaga yang didapat dari roda adalah dorongan, bukan tarikan. Jadi lebih kuat terutama untuk membawa beban berat.
  5. Ditanjakan lebih kuat karena tenaga leluasa yang dihasilkan dari dorongan kuat.
  6. Posisi mesin yang searah kedepan diyakini lebih memberikan perlindungan terhadap pengemudi jika ada benturan dari arah bagian depan. 
Kelemahan mobil dengan penggerak roda belakang
  1. Mobil penggerak belakang bentuknya lebih tinggi dan bongsor, jadi kalah sporty serta modis jika dibandingkan dengan mobil penggerak depan. 
  2. Akselerasi kalah dengan mobil yang menggunakan  penggerak roda di bagian depan. 
  3. Mesin lebih sering kehilangan tenaga, karena harus melalui beberapa mekanisasi sebelum menggerakkan roda belakang, inilah yang biasanya membuat mobil lebih boros bahan bakar.
  4. Mobil  penggerak roda belakang sangat perlu melakukan perhatian terhadap  gardan dan olie gardan serta poros propeler. Poros propeler yang sudah agak aus bisa memberikan getaran tinggi ke kabin, sementara gardan yang aus bisa menimbulkan efek hentakan saat putaran mesi terhubung. 
merk mobil penggerak roda depan penggerak roda depan di tanjakan contoh mobil penggerak roda depan mpv penggerak roda belakang city car penggerak roda belakang kelemahan penggerak roda depan ertiga mobil apa saja yang menggunakan penggerak roda depan mobil mpv penggerak roda belakang

Dari beberapa pemaparan tentang kelebihan dan kekurangan mesin mobil penggerak depan atau belakang, maka dapat disimpulkan bahwa mobil penggerak roda depan adalah mobil kecil yang bertenaga lebih kecil dari 200 hp. Karena pada kecepatan tinggi, mengendalikan kendaraan penggerak roda depan sangat beresiko tinggi, sehingga mobil penggerak roda depan lebih cocok pada mobil kecil bukan mobil besar dengan keperluan mengangkut beban besar pula. Untuk mobil dengan menggunakan penggerak  roda belakang  sangat baik jika dipakai  bermacam keperluan apappun, seperti keperluan pergi antara dalam kota, untuk luar kota, untuk beban berat, jalan menanjak, tak akan banyak berpengaruh untuk mobil jenis penggerak roda belakang ini.

Baca Juga Cara Kerja Sistem Pembuangan Pada Mobil.

Demikian informasi sederhana tentang "Kelebihan  Kekurangan Pada Sistem Pengerak Roda Depan dan Belakang", semoga tulisan sederhana ini dapat bermanfaat.
Kelebihan Kekurangan Pada Sistem Pengerak Roda Depan dan Belakang Rating: 4.5 Diposkan Oleh: CAHAYA SAN