Kenali Penyebab Mesin Motor Mati Ketika Kehujanan atau Seletah Dicuci

Kenali Penyebab Mesin Motor Mati Ketika Kehujanan atau Seletah Dicuci...
Penyebab motor mati kehujanan – Sobat bengkel tronik, bagi anda pengguna kendaraan bermotor yang sering gonta ganti tunggangan anda atau si kuda besi anda pasti pernah mengalam beberapa kendala pada kendaraan bermotor anda, kendala yang dirasakan sangat beragam tergantung dari motor dan kondisi motor yang anda gunakan, terlebih jika selalu mengganti kendaraan secara berkala dengan membeli dalam keadaan bekas, hal hal berbeda pasti akan selalu muncul pada setia kendaraan dan merk kendaraan yang digunakan, jika pada honda motor tiger kendala atau penyakit yang sering terjadi adalah kebocoran pada tangki motor, dan masalah pada baud gear belakang yang sering jebol, kendala ini mungkin berlaku pada sebuah kendaraan bermotor dengan merk berbeda tergantung kualitas dari material kendaraan tersebut.

Jika pada pembahasan sebelumnya di bahas tentang berbagai modifikasi motor seperti modifikasi yamaha fiz r ala kawasaki trial klx dan modifikasi lainnya, jadi jika anda sebagai pengguna setiakendaraan bermotor atau pecinta motor maka tidak ada salahnya jika terus stay berada di bengkel tronik untuk mendapatkan pencerahan terkait kendaraan bermotor anda, seperti modifikasi, tips, solusi kendaraan sampai ke informasi harga kendaraan. Otomotif kendaraan di bengkel tronik mungkin merupakan informasi sederhana yang banyak anda ketahui dibandingkan penulis, namun penulis yakin bahwa masih ada orang yang sedang mencari informasi terkait dunia otomotif dan sekarang sedang membaca tulisan blogger newbie ini.
Penyebab motor mati kehujanan
Masih dari pengalam pribadi dan teman seperjuangan yang akan di bahas kali ini yakni tentang “Kenali Penyebab Mesin Motor Mati Ketika Kehujanan atau Seletah Dicuci”, ada kalanya kita melakukan parkir kendaraan kita di tempat yang tidak teduh artinya bisa kehujanan, dan munculah tiba tiba hujan deras dan membasahai sekujur motor anda, dan setelah jujan reda andapun siap pergi menunggangi si kuda besi anda, namun yang terjadi adalah motor tidak mau hidup akibat kehujanan, ada juga karena ketika motor digunakan di jalanan dan dalam keadaan hujan deras tiba tiba motor mati mendadak dan di selah dan strater tidak mau hidup. Kasus laian adalah pada saat kiata mencuci kendaraan motor kita dengan keasyikan mencuci ahirnya segala pernak pernik yang nempel di motor kita guyur dan bersihkan, eh ternyata pas di hidupin motor ngadat gak mau menyala, jika anda pernah mengalaminya pasti sekarang lagi ganti posisi duduk dan siap lebih serius membaca artikel ini dengan tidak sabar ingin segera mengetahui penyebabnya.

Oke langsung saja ke inti pembahsan kenapa bisa mati kendaraan bermotor kita pada waktu terkena air yang terlalu deras, padahal semua soket dan kabel terlindungi dengan isolasi yang tak mungkin air bisa masuk ke sela sela pelistrikan motor. Motor mati dan mesin tidak menyala ketika sudah dimandikan, dihujankan, atau digunakan di saat hujan disebabkan dari adanya beberapa komponen kelistrikan yang terkena air, selain itu penyebabnya adalah ada air yang mencampuri bahan bakar dan membuat pembakaran tidak sempurna, untuk lebih jelasnya simak pemaparan di bawah yang merupakan asli dari pengalam saya. Penyebab motor tidak bisa dihidupkan setelah terkena air adalah:

  1. Dari padud busi, padud busi yang jelek dan sudah tidak layak akan susah menghantarkan arus kelistrikan pada busi, terlebih jika padud pipa busi sudah jelek dan tidak layak digunakan maka akan berfungsi hanya jika dalam kondisi kering dan tak ada kendala, selebihnya motor akan susah di hidupkan.

    Solusinya anda cari pipa padud busi oroginal dan ganti dengan yang original.
  2. Perhatikan pisisi CDI motor, pastikan posisi soket berada di bawah dengan pososo soket yang berada di atas lebih memungkinkan terkena air dan jika terlalu banyak terkena air akan mengakibatkan penghambatan kelistrikan dan motor susah hidup.
  3. Di bagian karburator ada selang kecil entah apa namanya dan saya belum sempat poto penampakannya, yang jelas posisi selang yang ada di atas selain pembuangan yang satunya, nah selang tersebut sebisa mungkin ujungnya sembunyikan dari kemungkinan kemsukan air jika hujan atau dimandikan, bisa diselipkan ke bagian body motor masupun ke celah tersembunyi bagian motor, hal ini terjadi jika karbu sudah eror sedangkan untuk motor yang masih baru hal ini aman dan tidak ada kendala dari selang tersebut.
  4. Penyebab lain adalah adanya penguapan di dalam tankki bahan bakar karena mengembun dan menghasilkan bercak embuan air di dalam tank yang akhirnya tercampur kedalam pembakaran.

    Hal tersebut di atas merupakan asli dari pengalaman saya dari beberapa sepeda motor yang pernah saya miliki dan sering tidak mau nyala pada waktu kehujanan atau terkena air di mandikan, mungkin masih banyak penyebab lainnya dan cara mengatasinya menurut medis motor, hehe, maksudnya menurut para pakar kendaraan bermotor yang lebih berpengalaman dan lebih paham tentang kelistrikan motor, tulisan yang saya share ini hanya sebagian kecil dari kejadian yang saya alami dan mungkin bahasanya janggal bagi anda tapi ini memang terjadi pada kehidupan saya bersama beberapa istri yang pernah saya miliki, ups salah lagi motor yang saya miliki.
    Akhir kata semoga bermanfaat bagi anda yang motornya selalu ngadat ketika kehujanan, Terimkasih.
    Post in Bengkel Tronik // Penyebab motor mati kehujanan
Kenali Penyebab Mesin Motor Mati Ketika Kehujanan atau Seletah Dicuci Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Siti Fauziah